Review Buku SELENA [Unedited Version] Karya Tere Liye

“Dunia ini dekat sekali dengan kegelapan, Selena. Maka saat kegelapan menyelimutimu, pastikan kamu tetap mencari cahaya di sekitarmu. Dirimu sendiri adalah satu-satunya yang bisa dipercaya. Nurani. Cahaya kecil itu selalu ada di hatimu. Gunakan. Terangi jalanmu, temukan pilihan hidupmu. Maka semoga itu bisa membawamu menuju jalan yang lebih baik.” (halaman 376/406) –Pesan Gurunya, Bibi Gill pada Selena setelah menyelesaikan ujian mata kuliah Malam dan Misterinya pada tahun pertama di semester dua.

Kalian tidak akan percaya, ABTT punya hari khusus: 'Aku Cinta Perpustakaan,' itu bukan mata kuliah, tapi seluruh mahasiswa wajib mengikutinya. Aku termangu saat membaca informasi itu pertama kali dari kartu hologramku. Ini sungguhan? Aku suka perpustakaan, aku semangat mengikutinya. Masalahnya, kegiatan ini mewajibkan mahasiswa membuat essay atas buku-buku yang dibacanya. Kampus ini suka sekali memberikan tugas paperessay. Sedikit-sedikit mahasiswa disuruh menulis paper. Jangan-jangan kampus ini lebih terobsesi melahirkan seorang penulis dibanding petarung Klan Bulan. (halaman 155/406)

Jika dalam Klan Bumi, kita mengenal pelajar SMA yang memiliki bakat istimewa, terdiri dari Raib, Ali dan Seli, ketiga anak-anak ini dikumpulkan oleh gurunya yaitu Miss Selena, atau mereka bilangnya Miss Keriting. Hanya Selena sang pengintai terbaik, yang telah menemukan bakat-bakat super hebat. Dalam buku spin off, buku ke 6.5 ini merupakan kisah masa kecil hingga dewasa sosok guru ketiga anak-anak tersebut. Di Klan Bumi, Raib, Seli dan Ali, sebagai pelajar sangat menyukai buku, jangan salah meskipun Ali terkenal biang kerok tapi dia super genius yang hobi baca! Dalam buku ini di Klan Bulan, Selena kuliah di ABTT (Akademi Bayangan Tingkat Tinggi), salah satu universitas terbaik di Klan Bulan. Selena memiliki sahabat yang sangat baik, solid, saling melengkapi sejak pertama kali bertemu. Mereka adalah MATA yang berasal dari Distrik Sungai-Sungai Jauh dan TAZK (mantan anak boy band).

Setelah membaca buku unedited version, sama buku cetak jadi mendingan baca mana duluan? kalau penasaran ingin baca yang belum di edit seperti saya, silahkan baca yang unedited version dan bisa dibeli di google play. Nah, berhubung sudah ada versi cetak dan bisa dibeli di toko buku Gramedia atau toko buku online yang menjual buku original. Silahkan kamu pesan langsung  Jadi enakan baca yang mana dulu? Menurut saya dua-duanya sama enak kok *secara saya fans serial Bumi*  Tapi kalau kamu suka koleksi yang buku cetak, silahkan beli:) Sedikit info, versi unedited sedikit lebih tebal (ya kan belum di edit sama penerbit, masih asli dari penulisnya), dari versi cetak. Sebelum baca bukunya, silahkan kamu bisa baca review buku Selena dan Nebula.  

Stop beli buku bajakan!!! Karena merugikan diri sendiri dan banyak pihak

Serial Bumi sudah ada edisi bahasa Inggris-nya, judul buku pertamanya EARTH Karya Tere Liye, dan MOON

Mereka juga punya keistimewaan. Selena itu mengingatkan saya pada Raib, Mata mengingatkan saya pada Seli yang suka baca novel. Mata lagi baca novel-novel “serial anak-anak”  kalau Seli baca novel Serial Bumi. Tapi Tazk itu beda banget sama Ali, sama-sama ganteng tapi kalau Tazk sangat rapi sementara Ali itu rambutnya saja berantakan! Satu hal yang menyamakan, tentu saja mereka sangat cerdas dan suka baca buku, bahkan Indeks Prestasi Tazk di semester pertama saja dapat IP 4, eh tapi kalau Ali prestasi di sekolahnya tidak sebaik Tazk! Woooooow!  Duuuh, pokonya spin off  buku Selena ini tak kalah keren sama buku-buku Serial BUMI, menurut saya super super serrrrruuuuu!!!!

Sumber foto: Screenshoot dari Google Play Book

Pengintai terbaik bukan hanya semata-mata dia hebat sekali menggunakan panca inderanya, Selena. Melainkan, dia juga hebat menggunakan otaknya. Kita bukan “Pemilik Keturunan Murni” yang bisa merasakan, berbicara dengan alam sekitar. Kita jelas tidak memiliki kemampuan memutar masa lalu, atau hal-hal ajaib lainnya seperti ‘pemilik keturunan murni’. Tapi kisa bisa menggunakan trik lain. Kehidupan seorang pengintai tidak selalu seperti ujian, yang jawabannya harus sekarang juga. Pengintai selalu bisa ‘mencuri waktu’. Menghitungnya di siang hari, misalnya. (halaman 195/406)

Kamu memiliki bakat besar seorang pengintai, Selena. Dan kamu bersedia melakukan apapun demi mencapai ambisimu. Semoga itu membawamu ke jalan kebaikan, bukan sebaliknya, karena bakat seorang pengintai dekat sekali dengan jalan kegelapan.

Singkat cerita: setelah orang tua Selena meninggal, ia pindah dari Distrik Sabit Enam, tempat kelahirannya dan ia tinggal dengan Bibi Leh dan Paman Raf juga kelima sepupunya: Am, Im, Um, Om, dan Em (ini kamu jangan ketawa ya, memang begitu namanya.  Sebab di Klan Bulan itu rata-rata nama orang terdiri dari satu kata, itu pun terdiri dari 2-3 huruf saja).  Sejak hari pertama tinggal dengan pamannya, Selena diharuskan bekerja membantu ngebor. Setelah tiga tahun bekerja, akhirnya Selena ikut tes masuk kuliah. Dua tes berhasil dilalui, satu tes gagal! Dia tidak diterima, namun berkat bantuan seseorang, ia akhirnya diterima. Sayangnya, bantuan tersebut tentunya tidak gratis, harus dibayar mahal oleh Selena. Namun bukan dengan uang, melainkan dengan kemampuan sebagai seorang pengintai terbaik yang dimiliki oleh Selena untuk memecahkan teka-teki yang tidak bisa dipecahkan oleh orang yang menyuruh Selena. Siapakah orang tersebut? Bagaimana Selena memecahkan misteri yang ditugaskan padanya?  Bagaimana kisah persahabatan Selena dengan Mata dan Tazk? Siapakah Mata dan Tazk? Apa yang dirahasiakan Selena dari Raib? Yang pasti, kalau kamu membaca buku ini, kamu akan menemukan titik terang tentang orang tua Raib? Siapakah orang tua Raib?

Nebula Unedited Version sudah bisa dibeli dan di baca di Google Play Books

Banyak hal seru dan menarik dalam buku ini. Banyak hal lucu juga. Paling kocak kalau mister Ox kesal pada tiga anak angkatan 78 ini, apalagi kalau Selena memotong pembicaraannya seringkali dia akan bilang “Bulan Sabit Gompal.” Asli bagian ini sering membuat saya tertawa. >.<  Ada juga yang mengocok perut, ternyata sepupunya Selena nonton bola PAR-SIB vs PAR-SIJA!!! Adududu, ini penulis gak pernah kehabisan ide buat menambah buku ini makin seru >.< Tapi saya tidak akan panjang lebar me-review-nya, nanti saja kalau sudah terbit versi cetaknya yang sudah di edit. Biar kamu penasaran 

Buat penggemar Serial BUMI, petualangan Raib, Ali dan Seli ada kabar baik nih. Kini hadir buku spin off ke 6.5  berjudul SELENA unedited version. Penulis telah merilis versi tanpa di edit yang sudah tersedia di Google Play Book dan bisa dibeli di Google Playa Store. Saya dapat info ini lewat akun @tereliyewiter. Ini info yang beliau share dalam akun Instagram-nya.

Happy reading! :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s