Review Buku GNALUP PERGI [PP] unedited version karya Tere Liye

GNALUP-PERGI (PP). Begitulah, tertulis sebuah buku yang lagi-lagi menurut saya unik! Akkkkkk gemes banget sih judulnya! haha. Ada yang sudah bisa nebak kira-kira ini judul novel karya siapa? Hmmm, bagi yang sudah pernah baca buku berjudul pulang (2015) dan pergi (2018), pasti sudah bisa nebak dong, ya. PP, adalah kelanjutan dari novel genre action karya Tere Liye. PP unedited version sudah release di Google Play tanggal 13 Maret 2020. Kalau sebelumnya saya mengenal judul-judul novel ini masuk dalam genre action. Tapi sejak buku PP ini muncul, penulis menegaskan bahwa buku ini merupakan buku ke-lima dari Serial Action. Baiklah kapan-kapan saya bahas dengan judul terpisah keempat buku sebelumnya apa saja. 

Untuk versi unedited version ini juga tidak ada sinopsisnya. Jadi, saya juga tidak akan menceritakan detailnya, sebelumnya versi cetaknya muncul. Yang pasti di buku ini, penuh kejutan!

Buku Pulang – Pergi versi cetaknya sudah terbit 1 Januari 2021

Berikut ini hal-hal menarik dari buku PP:

  1. Buku ini keren banget, suka dengan detail tempat dan sejarahnya. Meski aksi, tak lupa ada sentuhan ilmu pengetahuannya, juga romance antara Bujang dan Maria, yang pas, tidak berlebih. Lelucon khas Salonga juga guyonan khas si kembar yang centil tapi jangan tanya soal kemampuannya, cucu kakek Bushi ini juga penuh kejutan.  Selalu seru mengamati percakapan antara Bujang dan Salonga. Kadang menyenangkan tapi lebih banyak menyebalkan di mata Bujang.  Selain membayangkan aksi-aksi yang terjadi, buku ini juga bikin ngakak banyak ketawa, sedih, bahagia, dan tentu saja lebih banyak tegangnya. Asli campur aduk banget banget.  Bahkan disaat-saat tegang sekali pun selalu ada hal yg bikin ngakak misalnya obrolan si kembar sama White mantan marinir yang alih profesi jadi koki. Duh mereka bertiga memang gak akur   adu argumen terus  tapi kalau menyangkut urusan dengan Bujang, mereka bisa jadi tim yang solid.   Huwaa suka sama karakter baru bernama Junior, yang sekeren apa pun aksinya membasmi penjahat, bagi di sih, B saja!  
  2. Membahas penguasa shadow economy. Jika di buku Pergi, salah satu pemimpin shadow economy ada yang meninggal. Di buku PP juga ada, dibunuh dengan cara kejam oleh orang kepercayaannya. -_-
  3. Kalau kamu suka nonton film-film action seperti Mission Impossibile,  cerita di serial action dan buku ini gak kalah keren. Adegan-adegan aksinya bikin tegang, bikin panasaran dan penuh kejutan. Gak habis-habis. Kirain udah kelar eh ada lagi, gitu saja sampai buku ini selasai. Siap-siap saja, full action!
  4. Baca buku ini karena banyak membahas senjata-senjata canggih, bikin saya sering Googling, pengen tahu senjata-senjata yang dimaksud. 
  5. Buat kamu yang sudah baca buku Pulang dan buku Pergi, buku PP beneran makin seru melebihi dua buku tersebut.
  6. Kalau kamu sudah pernah baca buku Negeri Para Bedebah dan Negeri di Ujung Tanduk, kita bertemu dengan karakter bedebah paling bedebah bernama THOMAS! Huwaaa si kece ini ada di buku PP loh teman-teman boundy termahal sepanjang sejarah. Diincar para pembunuh bayaran untuk menghabisi Bujang, Maria dan Salonga. Apalagi nanti pas baca buku ini, kamu akan tahu ada yang kocak dengan kelakuan si kembar saat pertama kali bertemu si kece Thomas 
  7. Pokoknya di buku ini siap-siap dibikin ngakak sama kelakuan si kembar kalau gak ada si kembar sama Bujang yang sering berantem sama Salango kurang ramai. Bahkan sekali pun ceritanya penuh aksi tetap butuh unsur humor juga, penulis sangat paham itu. Terima kasih Bang Tere untuk karya buku PP ini.
  8. Setting di buku ini selain di tempat kelahiran Bujang juga di Filipina, Rusia, Jepang, Hong Kong seperti di buku Pergi tambahannya kita seakan diajak penulis untuk traveling ke negara-negara Baltik dan beberapa negara lain dalam misi menuntaskan kasus yang mereka hadapi.
  9. Ini dia yang terbaru dari Tere Liye menyajikan buku yang karakternya itu ada di buku lain. Boleh dibilang buku ini sudah semacam avanger-nya Indonesia. Mempertemukan karakter para superheros dari cerita buku  yang berbeda.  Semacam Avanger gitu, di mana para superhero bersatu, menuntaskan sebuah misi melawan Thanos. Tapi tenang saja, di buku ini berbeda sekali mengangkat tema tentang para petinggi di shadow economy. Lebih seru dan menegangkan.  Isinya tentang isu-isu terkini juga.
  10. Di PP ini karakter utamanya Bujang alias Si Babi Hutan a.k.a Agam, berkolaborasi dengan si kece Thomas dari buku NPB dan buku BDT. Bukan main Bang Tere, ide yang brilian  makin membuat buku PP ini jadi spesial. 

Sebenarnya masih banyak sih. Tapi segitu dulu ya  Nanti kalau sudah ada versi cetaknya silahkan baca dan beli. Dan kalau sudah tidak sabar, silahkan baca versi e-book legalnya dengan cara membeli bukunya di Google Play. 

Baca juga: 5 Cara membaca buku tanpa harus membeli buku

Untuk kamu yang belum dan pengen baca unedited version, silahkan bisa beli di Google Play, atau klik ini 

Note: Kalau sudah selesai baca buku di Google Play Book, bukunya tidak udah disebarkan ya, karena kalau mau pinjamin ke temen atau saudara, caranya hanya dengan meminjamkan hp kita kemudian dipersilahkan untuk membacanya. Bila menyebarkan dengan meminjamkan kemudian copy paste  dan sebagainya, ini namanya tindakan pencurian. Itulah sekelumit pesan yang disampaikan oleh penulisnya. Mari kita hargai para penulis, siapa pun penulisnya, dengan tidak membeli buku bajakan, dan tidak membaca buku-buku ebook yang bajakan juga, baik yang di dapat dari website maupun wa, dsb.

Baca juga: Buku bajakan rugikan diri sendiri dan banyak pihak!

Happy reading!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s