[Review Buku] NEBULA karya Tere Liye

“Dunia ini terkadang tidak terlihat hitam putih seperti yang kita inginkan. Dan dalam ambisi kekuatan, intrik, pertempuran, kita bisa saja tertipu oleh warna asli sesuatu. Bahkan warna diri sendiri pun bisa menipu. Gelap mata. Gelap hati. Aku tidak tahu pelajaran apa yang menunggumu di depan sana. Mungkin pelajaran menyakitkan. Pengintai diajari menyelinap, membuka gembok, menyamar, dan semua teknik kegelapan lainnya. Tapi malam ini kita tahu, kamu punya teknik lain, Selena. Kemampuan menemukan hal-hal istimewa di sekitarmu, yaitu teknik terang. Besok lusa, mungkin saat kamu membutuhkan penebusan atas kesalahan yang kau lakukan, teknik terang itu akan berguna. Saat kamu bisa melihat bakat-bakat terbaik di dunia pararel. Misalnya, saat kamu menemukan anak-anak dengan hati mulia di sekitarmu. Kamu mengumpulkan mereka, membentuk mereka menjadi tim, menjadikan mereka petualang terhebat yang pernah ada. Itulah gunanya teknik tersebut. Apakah itu penting? Itu bisa saja menjadi sangat penting di dunia pararel.” –Bibi Gill (halaman 167)

Judul                    : NEBULA
Genre                    : Science Fiction, Romance
Penulis                  : Tere Liye
Co-Author             : Diena Yashinta
Tahun Terbit        : 16 Maret 2020
Jumlah Halaman : 376 halaman
Penerbit                 : Gramedia Pustaka Utama
Rating                     : 5/5  ISBN : 9786020639536

Sinopsis:

SELENA dan NEBULA adalah buku ke-8 dan ke-9 yang menceritakan siapa orangtua Raib dalam serial petualangan dunia pararel. Dua buku ini sebaiknya dibaca berurutan.

Kedua buku ini juga bercerita tentang Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, sekolah terbaik di seluruh Klan Bulan. Tentang persahabatan tiga mahasiswa, yang diam-diam memiliki rencana bertualang ke tempat-tempat jauh. Tapi petualangan itu berakhir buruk, saat persahabatan mereka diuji dengan rasa suka, egois, dan pengkhianatan.

Ada banyak karakter baru, tempat-tempat baru, juga sejarah dunia pararel yang diungkap. Di dua buku ini kalian akan berkenalan dengan salah satu karakter paling kuat di dunia pararel sejauh ini. Tapi itu jika kalian bisa menebaknya.

Dua buku ini bukan akhir. Justru awal terbukanya kembali portal menuju Klan Aldebaran.

Selanjutnya di buku Nebula yang sedikit lebih tebal  (376 halaman) dari buku Selena (368 halaman). Untuk tahu kisah Nebula, sebaiknya pembaca telah membaca buku Selena dulu sebelum membaca buku Nebula, karena ceritanya ada keterkaitan dan tidak berdiri sendiri. Jadi mesti baca kedua bukunya biar makin seru.

Di buku Nebula kisah berlanjut dengan kegiatan yang dilakukan Selena selama masa liburan kuliah, salah satunya membantu Bibi Leh mempersiapkan acara pernikahan anak pertamanya bernama Am dengan Maeh. Bahkan Mata juga datang dan menginap di rumah bibinya Selena. Keesokan harinya mereka bangun kesiangan dan telat. Di stasiun Selena juga bertemu Tazk yang kesiangan pula gara-gara harus mengurus kakeknya yang sedang sakit. Agar tidak telat, Selena punya ide meminjam kereta terbang X210579, berangkatlah mereka bertiga, malangnya mereka ketahuan, dan tiba di panggung utama dengan gerbong kereta yang splash: muncul persis di dalam aula, menembus atapnya. Mereka memang berhasil tiba tepat waktu, tapi tentu saja mereka membuat kekacauan. Kocak banget pas Master Ox bilang “Bulan sabit gompal! Apa kalian tidak punya cara lebih fantastis untuk datang ke kampus, heh? Membawa gerbong curian dari Stasiun Sentral Kota Tishri, itu terlalu receh buat kalian bertiga yang hebat. Mungkin lain kali kalian bisa menunggang naga dari Distrik Gunung-Gunung Terlarang.” (halaman 39). Asli kocak banget nih si master >.< 

Yang menolong Selena dan Tazk adalah Mata lewat teknik teleportasi, sehingga kereta yang mereka tumpangi selamat, meski caranya epic banget! Mata bagai bulan purnama yang bersinar saat keluar dari gerbong kereta. Master Ox bilang “ Ini pertanda kesekian, Mata, setelah berbagai kejadian menarik tahun lalu. Kamu bisa melakukan teknik yang tidak pernah dipelajari sebelumnya, bisa mengeluarkan teknik penyembuhan. Ling, dosen bahasa kalian, juga bilang bahwa Mata mengenali akar bahasa tua yang tidak pernah berhasil diterjemahkan, ini tidak akan keliru lagi, Kamu Pewaris Buku Kehidupan, (halaman 42)

Tanpa perlu adaptasi seperti tahun lalu, tahun kedua berjalan cepat, tanpa terasa. Lebih banyak tugas menantang yang harus mereka kerjakan, lebih banyak hal baru yang menarik, lebih banyak buku yang mereka baca. Kehidupan mahasiswa terus berputar di asrama, ruang kelas, kantin, perpustakaan, kembali lagi ke asrama. Semua Mata Kuliah wajib masih sama dengan tahun pelajaran pertama. Yang berbeda hanya level dan tingkat kesulitannya.

Baca juga: pembaca buku Tere Liye kategori mythic

Di buku ini juga akan diceritakan tentang kesibukan Mata, Tazk dan Selena kuliah di ABTT, tentang kegiatan Selena yang terus mencari clue dan datang ke berbagai tempat untuk mengintai dan menemukan jawaban-jawaban serta tugas yang diberikan oleh sosok jahat yang selalu mengancam dengan remote control apabila Selena tidak mau melaksanakan perintahnya. Selena sering menghabiskan waktu dengan Tazk, mereka sudah mendiskusikan rencana untuk bertualang ke dunia pararel setelah Tazk menemukan alat yang disimpan Kakeknya. Setelah kakeknya meninggal, Tazk baru tahu tentang kejahatan yang pernah dilakukan kakeknya. Kedekatan diantara mereka, rupanya disalah artikan Selena, walaupun sebernarnya temannya bernama Boh sudah memperingatkannya bahwa Tazk sebetulnya tidak suka dengan Selena, dia hanya baik, menganggap Selena sahabat yang baik. Tapi Selena tidak pernah menggubrisnya. Padahal kalau saja Selena sedikit peka, ketika mereka ngobrol misalnya pada saat Tazk kelaparan di malam hari dia selalu ketemu Selena dan ngobrol bareng, Tazk sering banget menanyakan kabar Mata. Bahkan terkesan mencari tahu tentang Mata lewat sahabatnya, Selena karena mereka berdua memang satu kamar di asrama. Selena seolah tidak bisa menganalisis yang merupakan salah satu keahlian pengintai, bahwa yang disukai Tazk sebenarnya Mata, bukan dirinya..

Singkat cerita, setelah menyelesaikan scriptie, kalau di Klan Bumi kita mengenalnya skripsi, mereka akan mengadakan KKN (kalau di Klan Bumi dikenal dengan istilah Kuliah Kerja Nyata), di mana sebetulnya ketiga anak ini sudah punya rencana, di hari terakhir mereka akan pergi dengan meminjam kapsul milik dosennya, si kembar Flo dan Flau, menuju sebuah tempat untuk pergi ke Klan Nebula, menemukan Cawan Abadi. Sesampainya di lokasi, mereka harus menghadapi pohon ngeluputur. Kemudian saat bulan purnama tiba, seseorang diantara mereka bertiga merupakan kunci untuk membuka portal Klan Nebula. Di Klan Nebula mereka bertemu tetua kampung bertama Lumpu yang kurang ramah dengan kehadiran mereka. Kemudian seseorang yang baik, perempuan tua bernama Kosong mengajaknya ke rumah dan tinggal di sana.

Ketika Mata bermain dengan anak-anak di sana yang baru sebentar kenal langsung suka dan mengajak Mata bermain, sementara Selena dan Tazk terlibat percakapan. Salah satunya Tazk terus terang tentang perasaannya yang selama ini telah memendam rasa suka sejak pertama kali bertemu kepada Mata, sayangnya dia tidak tahu bagaimana cara mengungkapkan perasaannya. Keterusterangannya pada Selena yang sudah dianggap Tazk sebagai sahabat sekaligus adik, ternyata  bagi Selena terasa bagai diserang petir dan membuat Selena gelap mata.

“Aku sudah lama menyukainya, Selena…” “Mata. Aku menyukainya sejak tiba di Akademi Bayangan, saat kami bertemu pertama kali di meja daftar ulang. Aku menatapnya dari jarak dekat. Aku tidak tahu bahwa dia berasal dari Distrik Sungai Sungai Jauh. Belum. Tapi aku telah menyukainya.” “Aku tidak pernah berani bicara dengannya. Itu aneh sekali, bukan? Maksudku, kita amat dekat, Selena. Aku tidak pernah punya masalah denganmu, bertengkar, dan lainnya. Aku menganggapmu sahabat sejati, tidak, bahkan lebih dari itu. Kamu sudah seperti saudaraku sendiri. Adik yang menyebalkan, dengan rambut keriting yang semakin menyebalkan. Tapi intinya aku tidak punya masalah denganmu. Tidak kesulitan.” (halaman 301).

Baca: review buku Nebula (unedited version)

Sehingga malam hari, saat penduduk sedang tidur nyenyak, Selena mengambil Cawan Abadi yang berisi cairan hijau. Tanpa diduga, ternyata Selena telah membangunkan raksasa yang selama ini dikunci selama ribuan tahun, dan jika cawan abadi diambil, maka itu akan mengganggu keseimbangan Klan Nebula. Dan di Klan Nebula, ternyata Selena bertemu dengan Tamus. Lengkap sudah rasa sakit hatinya setelah mengetahui lewat pengakuan Tamus, bahwa selama ini dia hanyalah bidak Tamus. Dan ditambah sakit hati ternyata cintanya selama ini bertepuk sebelah tangan. Dan yang lebih mengerikannya lagi, Tamus memencet tombol remote control yang selama ini selalu sukses membuat Selena menuruti permintaannya. Apa yang terjadi? Ternyata Selena masih memiliki kekuatan.  “Di masa nanti aku baru tahu bahwa Av—saat menyembuhkanku di bagian terlarang Perpustakaan Sentral—diam-diam mengeluarkan alat kecil yang ditanam oleh Tamus di dalam tubuhku,” (halaman 313)

Cawan abadi memang bisa diselamatkan kembali, tapi sayang harganya sangat mahal. Mata telah mengorbankan seluruh kekuatan yang dimilikinya untuk menyelamatkan Selena dan Klan Nebula.

Maka, disinilah persahabatan diuji. Akankah Mata dan Tazk memaafkan dan membantu Selana? Bagaimana hubungan Tazk dan Mata? Apa yang dilakukan tetua kampung yang ingin mengusir ketiga anak ini dari Klan Nebula?  Apa yang terjadi dengan Miss Selena—yang berusaha berkomunikasi dengan Raib, Seli dan Ali? Kesalahan  apa yang telah dilakukan Miss Selena, sehingga ia harus berkali-kali meminta maaf pada Raib—meski hanya lewat sebuah alat komunikasi, karena Miss Selena sedang disandera seseorang? Bagaimana cara Selena memecahkan misteri Cawan Keabadian? Bagaimana cara Selena tahu kunci untuk masuk menuju Klan Nebula? Kehidupan seperti apa yang tersaji di Klan Nebula, apa menariknya Klan ini? Mari temukan jawabannya dengan membaca bukunya langsung.

Bicara Teknologi: Jika di Klan Bulan teknologinya sangat canggih, namun penduduknya terkesan sangat simple. Tapi sesungguhnya  mereka sangat tergantung dengan teknologi dan gadget serta hidup modern. Beda dengan Klan Nebula, meskipun teknologinya sangat canggih dibanding klan lain, penduduknya tetap hidup sederhana dan bersahaja. Tidak tergantung dengan gadget dan berbagai kekuatan yang dipelajari. Mereka seperti hidup di pedasaan, sangat alami dan damai.

Sepertinya aku mendapat pemahaman baru di klan ini. Melihat kehidupan dan kesederhanaan mereka. Lihatlah, Selena, mereka datang dari klan dengan pengetahuan dan teknologi paling maju di dunia pararel, tapi ‘merayakan’ kehidupan dengan bersahaja. Mereka menyayangi kehidupan, menghormati alam sekitar, dan seperti sungai jernih yang indah, mereka mengalir anggun melewati hari demi hari. Tanpa peduli kapan siang datang, kapan malam menjelang. (halaman 293)

Momen terbaik dalam buku Nebula: asli, pas momen Mata menolong Selena, saya terharu dan sedih sekali.    Ketika Mata panik melihat Selena nyaris gugur, dia rela mengaktifkan teknik tertinggi seorang pemilik keturunan murni. Tubuh mata di udara berubah jadi normal, lantas terjatuh. Splash! Aku memelesat, menyambar tubuh Mata, memeluknya erat-erat.

“Kamu adalah teman terbaikku, SelenaKamu adalah saudaraku. Tidak ada yang boleh menyakitimu. Aku tidak akan pernah membiarkannya.” (halaman 350)

Sungguh, karakter sahabat sejati rela berkorban apa pun demi sahabatnya, bahkan sekali pun harus mengorbankan kekuatan dan nyawanya. Seperti yang dilakukan Mata untuk Selena  

Pengetahuan dalam buku Nebula: sebagai serial genre fantasy dan science fiction, Serial Bumi juga memasukkan unsur ilmu pengetahuan berdasarkan fakta. Dalam buku Nebula misalnya:

  • Fakta tentang kerang hijau yang bisa membersihkan air laut secara alamiah,  pada saat kelas Kimia dan Keindahan di Dalamnya, Profesor Chem memberikan tugas pada para mahasiswa. Aku membuka ikatan kantong  kain, lantas menuangkan isinya ke dalam akuarium. Empat puluh kerang laut. Tapi itu bukan kerang laut biasa. Tadi pagi, pada saat mahaasiswa lain berkutat menyiapkan cairan penjernih, aku justru pergi ke gedung mata kuliah “Hewan Tumbuhan dan Bukan Keduanya.” Di sana ada lahan khusus tempat mahasiswa bisa merawat hewan dan tumbuhan. Sejak seminggu lalu, aku memelihara kerang ini, saat tahu Professor Chem memberikan tugas menjernihkan air laut. Sekarang kerang-kerang itu tenggelam di air laut yang menghitam. Perlahan-lahan air laut mulai jernih. Semakin lama, tingkat kejernihan semakin mengagumkan. Lima menit berlalu, air laut itu sempurna jernih, seratus persen.
Sumber foto: https://megapolitan.kompas.com/read/2019/10/08/17043401/begini-cara-kerang-hijau-jernihkan-air-laut-yang-kotor

Meskipun ada salah satu teman Selena, ada yang protes, tapi dosen membelanya, “Aku tidak pernah bilang kalian harus membuat cairan penjernih, heh? Professor Chem memelotot ke arah Boh.

“Tugas kalian sederhana. Jernihkan air laut di dalam akuarium. Gunakan pengetahuan kalian tentang kimia, cari solusinya. Dasar mahasiswa naif! Sebagian besar kalian langsung mencari cairan penjernih. Tapi kalian lupa, kimia bukan soal cairan dilawan cairan, reaksi kimia dilawan reaksi kimia.” (halaman 49). “Nah, kalian seharusnya berpikir seperti Selena, kalian tidak akan pernah bisa melihat keindahan di dalamnya jika menganggap kimia hanya soal tabung reaksi. Kimia adalah tentang kehidupan. Tidak selalu polusi dilawan dengan polusi, itu semakin berbahaya. Dalam banyak masalah, solusi terbaiknya justru dengan cara alamiah,” (halaman 50)

Stop beli buku bajakan karena buku bajakan merugikan diri sendiri dan banyak pihak

  • Tentang gravitasi. Berikut ini penjelasan dari Steph, dosen mata kuliah Non-Gaib, yang sebelumnya dipegang oleh Stor. “Sejatinya, benda apa pun jatuh dengan kecepatan yang sama. Kalian bisa dimaafkan bila selama ini meyakini bola atau batu lebih cepat  dibanding sehelai kapas. Karena memang demikian fakta yang terlihat. Hanya saja, kita melupakan faktor udara. Sehelai kapas jatuh lebih lambat karena ada udara yang memperlambat gerakannya. Sementara bola atau baru bisa dengan mudah melewati udara. Di ruang hampa udara, ketika variable ini dihilangkan, semua benda jatuh dengan kecepatan yang sama. Hanya gravitasi yang bekerja, dan dua benda tersebut mendapatkan gravitasi yang sama. Itu bukan keajaiban, itu hanya fakta ilmiah yang sering kali dilupakan banyak orang.” “Memahami fakta ilmiah seperti ini akan membantu kalian, bahkan saat kalian tidak berminat menjadi ilmuwan fisika. Hanya tertarik dengan petarung Klan Bulan, misalnya. Kalian bisa mengoptimalkan kekuatan teknik bertarung kalian lewat pengetahuan ilmiah. Kalian juga bisa memahami lebih baik teknik bertarung kalian lewat pengetahuan ilmiah. Kalian juga bisa memahami lebih baik teknik yang kalian lakukan, serta beradaptasi dengan cepat terhadap fenomena ilmiah.”(halaman 136)
  • Flo meletakkan pot dengan bunga-bunga berwarna kuning. “Bunga-bunga ini terlihat biasa saja, bukan? Tetapi tumbuhan spesies ini sebenarnya spesial—mereka bisa mendengar. Ilmuwan pada masa itu menerbangkan lebah di sisi bunga-bunga ini dan menemukan fakta bahwa persis di kelompok bunga tempat  lebah terbang, produksi nektarnya naik lebih dari dua puluh persen. Kenapa itu terjadi? Karena bunga-bunga ini bisa mendengarkan suara kepak sayap lebah.Sumber Foto: https://www.mongabay.co.id/2020/01/19/menyiasati-dampak-perubahan-iklim-dengan-lebah-madu-seperti-apa/Bukan hanya itu, bunga-bunga ini bisa membedakan apakah itu sungguhan kepak sayap lebah, atau hanya kesiur  angin, atau suara-suara lain. Bunga-bunga ini memproduksi nektar lebih banyak agar lebah tertarik hinggap di sana, membantu bunga menyebar serbuk sari, berkembang biak, tumbuh di banyak tempat.” (halaman 145)

Karakter: tidak banyak karakter baru di buku Nebula, banyak karakter di buku Selena yang juga diceritakan di buku Nebula. Hanya sedikit penambahan karakter baru di Klan Bulan seperti Rep, Tog (Panglima Barat Pasukan Bayangan), Steph (dosen baru mata kuliah Non Gaib). Kemudian karakter baru ketika sampai di Klan Bulan, yaitu: kepala kampung Lumpu, dia adalah petarung hebat di Klan Nebula. Kosong (sosok wanita tua berambut putih ini, mengingatkan saya pada Hana di buku Bulan). Repot (sesuai namanya, dia bukan hanya merepotkan ibunya, tetapi juga merepotkan raksasa-raksasa di klan Nebula), dan Lambat.

Cover buku Nebula: yang paling mencolok dari cover Nebula yang di design tim Orkha Kreatif tentu saja Cawan Keabadian, disinilah letak pertarungan yang sesungguhnya, setelah sampai di Klan Bulan, hanya perkara waktu saja akhirnya Selena bisa menuntaskan ambisinya untuk mengambil Cawan Keabadian. Hanya perlu penyulut, yaitu rasa sakit hati karena cintanya bertepuk sebelah tangan, maka sisi gelap Selena tak bisa disembunyikan lagi. Ada gerbang untuk membuka Klan Bulan, terus ada pohon ngeluputur, sama benda terbang atau kapsul, dan juga gunung-gunung indah. Delapan gunung yang mengitari lembah di atas jantung terdalam Distrik Sungai Sungai Jauh. Delapan sungai mengalir dari lereng-lereng gunung, bertemu di tengah, di sebuah danau. Dari atas sini, formasi gunung dan sungai itu laksana mulut cawan. Pola yang menakjubkan. Lembah ini seperti diukir pengrajin tembikar terbaik (halaman 248)

Setelah membaca buku Nebula, saya jadi tahu kalau sebagian besar karakter, kekuatan, kebiasaan yang dimiliki Raib, seperti membaca novel, kemampuan, kemampuan menghilangkan barang, teknik yang dimilikinya berkembang pesat dan muncul pada saat tertentu, misal kondisi terjepit saat sahabat terbaiknya kesulitan melawan saat pertarungan berlangsung.  Kalau karakter lain mereka tampil dengan porsi pas. Kehidupan yang mereka jalani  tidak serumit Selena dan Raib, yang menjadi kunci dari informasi tentang kedua orangtuanya, ternyata berasal dari Guru Matematika-nya. Hanya saja, sang guru harus menunggu momen setelah Raib dewasa untuk menceritakan masa lalunya, dan menuntaskan wasiat ibunya Raib, yang dititipkan pada Miss Selena.

Yang menarik dari buku Nebula:

  • Buku Nebula ini banyak membuat saya tertawa dengan tingkah laku Sang Pengintai hebat yaitu Selena, yang seringkali ngeyel, melanggar peraturan (ya, namanya juga pengintai mesti cari dan mengumpulkan banyak info rahasia) -__-. Di satu sisi bikin ketawa, tapi di sisi lain juga bikin jleb, menyedihkan, menyesakkan dada, sekaligus terharu dengan kisah persahabatan tiga sekawan: Selena, Mata & Tazk, yang tak kalah indahnya seperti persahabatan Raib, Seli dan Ali. :3 :3 :3
  • Ada peraturan nomor 101 yang melarang mahasiswa di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi memiliki hubungan percintaan, asmara, pacaran atau apalah sebutannya hingga lulus kuliah. Agar mahasiswa fokus dengan pendidikannya, jadi dilarang pacaran. Bahkan sekali pun buku Nebula terasa banget genre romance-nya, tapi kerennya tidak ada pacaran loh, Mata dan Tazk saja yang saling suka sejak pandangan pertama, selama 4 tahun kuliah di ABTT, mereka tidak pacaran dan memilih memendam perasaannya untuk seseorang yang spesial, dan mereka tentu saja lebih sibuk belajar agar prestasi tiga besar di angkatannya bisa terus dipertahankan.
  • Karakter Mata ini mengingatkan saya dengan sosok Raib, si Puteri Bulan. Kalem, punya kemampuan dan teknik-teknik yang sangat mengagumkan. Setia kawan, dan selalu melindungi serta pasang badan untuk sahabat-sahabatnya bahkan saat kondisi terdesak pun selalu menyelamatkan sahabatnya saat sedang menghadapi pertarungan demi pertarungan.
  • Sejak bekerja di Paman Raf, aku menyukai teknologi dan rekayasa. Dosennya Insinyur terkemuka di Klan Bulan, kamu memanggilnya “Ing HBB”—Ing maksudnya insinyur. Pengetahuannya luas. Pengalamannya juga banyak. Beberapa konstruksi  penting Klan Bulan, seperti Bendungan Seribu Tahun dan Observarium Optimus adalah hasil karyanya. Dia bukan petarung jadi tidak memiliki kekuatan, tapi itu tidak mengurangi respek ilmuwan lainnya kepadanya. Ya ampuun, pas baca ini, tiba-tiba langsung ingat salah satu ilmuwan besar yang ada di negeriku.  Kamu juga pasti tahu beliau siapa, ya?  Ing. HBB,  dalam salah satu mata kuliah teknologi dan rekayasa membahas salah satu distrik, “Mudah memahaminya. Itu semua karena Distrik Tanah Genting merupakan sumber terbaik material konduktor penghantar panas. Di dasar laut sekitar mereka, deposit material ini berlimpah. Hampir semua benda elektronik di Klan Bulan menggunakan material itu. Penduduk Distrik Tanah Genting adalah penambang ulung sejak ribuan tahun lalu. Tempat ini bukan hanya sumber nafkah, melainkan tanah kelahiran leluhur mereka.” (halaman 124)
  • Tahun kedua, mata kuliah Malam dan Misterinya berubah nama menjaadi Siang dan Keramaiannya. “Bagi seorang pengintai, malam adalah teman terbaiknya, Selena. Ketika semua terlihat gelap dan lengang, pengintai bisa bergerak diam-diam, melintas dalam senyap, menyelesaikan misinya. Tapi malam hanyalah separuh dari siklus har. Ada separuh hari lainnya yang tidak kalah penting, saat semua orang sibuk menghabiskan waktu mereka. Belajar, sekolah atau tidak kedua-duanya. Saat mata mereka terbuka, aktivitas berjalan. Semua keramaian yang terjadi. Seorang pengintai yang lihai bisa menjadikan malam sebagai teman terbaiknya; dan sebaliknya, menjadikan siang sebagai panggung pertunjukkan terbaik.” Bibi Gill pada Selana (halaman 87)
  • Apa yang terjadi ketika Mahasiswa ABTT sibuk dengan jadwal ujian? Gejalanya gampang terlihat. Jika mereka makan lebih cepat, berjalan lebih bergegas, membawa buku-buku lebih banyak, mengahabiskan waktu di perpustakaan lebih sering, wajah-wajah terlipat ada di mana-mana, selera humor berkurang, dan asrama lebih lengang, itu berarti UAS telah tiba. (halaman 85)
  • Yang unik, biasanya anak laki-laki yang suka break the rule, tapi di sini anak perempuan yang diwakili Selena, sementara Tazk ini kalem dan tertib dengan peraturan, perfeksionis pula. “Mereka tidak akan tahu kecuali kamu melaporkannya. Tentu saja aku tidak akan melaporkan. Tapi astaga, entahlah, ini keren atau berbahaya. Seumur hidupku, aku selalu mematuhi peraturan dari kakekku, mematuhi peraturan Kota Tishri, sekolah, kampus, bahkan peraturan saat menjadi anggota ECHO. Tapi kamu, Selena, sebaliknya. Kamu mungkin tidak pernah mau patuh, melanggarnya dengan santai. Seolah semua peraturan itu diciptakan untuk dilanggar. Mencuri file sangat rahasia milik Pasukan Bayangan. Itu mungkin keren. Brilian malah. Tapi juga gila, tidak masuk akal. Hanya pengintai yang hebat—(halaman 139). kalau yang ini jangan dicontoh ya teman-teman, lagian Selena kan memang pengintai 
  • Ada kisah cinta yang menarik menarik dalam cerita Selena, Mata dan Tazk. Cinta segitiga. Siapa yang bahagia, dan siapa yang terluka?
  • Ada KKN (Kuliah Kerja Nyata), bedanya di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi proyek akhir benar-benar merupakan tugas kuliah terakhir sebelum mahasiswa di wisuda, sementara scriptie diselesaikan lebih dulu. Itu karya ilmiah, salah satu syarat kelulusan. Untuk mahasiswa Akademi Bayangan yang sejak semester pertama pusing mengerjakan ribuan makalah, tidak sulit menyelesaikan scriptie. Hanya topik dan analisisnya saja yang lebih berat.
  • Ada bahasa gaul, seperti: baper, galau, halu.
  • Baca serial bumi itu di setiap bukunya terbit, sering menyisipkan bahasa-bahasa gaul zaman sekarang, unik sih. Jadi kalau 10 tahun yang akan datang baca buku-buku serial bumi, bahasa-bahasa tersebut entah masih digunakan, atau akan jadi kenangan bahwa dulu kata itu pernah tenar.
  • Kalau Boh itu memang suka meledek Selena, mengenai perasaannya pada Tazk, tapi itu sebenernya realistis kok. Boh sebagai laki-laki ngomong dengan sudut pandang laki-laki. “Tapi sangat membingungkan lho, ternyata kamu tidak bisa menganilisis perasaan Tazk. Eh, kamu sudah tidak akan marah lho. Aku hanya beterus terang bahwa … Tazk tidak pernah menyukaimu, Selena. Sebelum sakit hati, sebaiknya kamu menjauhi Tazk, melupakan semuanya. Dulu aku ingin sekali memberitahumu, Selena. Tapi sekarang situasinya sudah terlanjur rumit. Demi kebaikan bersama, lebih baik kamu tahu soal itu dari orang lain. Bukan dari aku.” (halaman 210). Sementara Ev, hanya menduga dan pandai membesarkan hati Selena berdasarkan analisanya. Meskipun pada kenyataannya analisanya tidak tepat juga, hanya sebagai perempuan tentu saja dia melihat dari sudut pandang perempuan yang seringkali menggunakan perasaan ketimbang logika. “Selama kuliah di ABTT, kita tidak boleh pacaran. Ingat peraturan itu. Tazk, menyimpan perasaannya diam-diam. Romantis sekali bukan? Nah, aku justru tidak akan kaget jika saat wisuda nanti, Tazk akan melamarmu, Selena. Mengajak menikah.” Aku nyaris tersedak. “Kamu menghayal, Ev. Halu.” (halaman 195)
  • Sebagai pembaca Serial Bumi, dari semua karakter yang ada dari buku 1-9 ini, asli yang paling bikin penasaran banget adalah karakter Bibi Gill, salah satu karakter favorit. Saya kagum dengan karakter beliau, sangat baik dan bijak, tapi sekaligus juga misterius. Lebih misterius dari Selena. “Empat tahun berlalu, aku telah mengajarkan semua hal mendasar , untuk menjadi seorang pengintai. Setelah itu, setelah kamu pergi dari akademi ini, semuanya tergantung pada dirimu sendiri. Apakah kamu akan terus melatih kemampuanmu, mengasah instingmu, belajar dari setiap kesalahan yang kamu lakukan, loncat ke level berikutnya, dan level berikutnya. Atau kamu melupakannya. Terserah. Pengintai adalah latihan panjang. Kuliah ini memberikan dasar pengetahuan saja.”—Bibi Gill (halaman 214). Di buku Selena dan Nebula, selain tiga sekawan ini, saya juga suka karakter Master Ox. Meskipun galak, tapi sebenarnya baik dan perhatian. Hanya caranya saja yang terkesan kejam, lebih dari itu, beliau dosen yang sangat perhatian terhadap setiap kemampuan mahasiswanya. Bahkan, Selena telah banyak melanggar peraturan, tapi Master Ox memperlakukan Selena sebagai salah satu mahasiswa yang memiliki kekuatan yang istimewa makanya dia masuk dalam kelas simulasi bersama Tazk dan Mata, untuk melatih kemampuan bertarungnya agar meningkat pesat. Seperti saat Selena menyelinap ke ruang rahasia Master Ox, kemudian bersembunyi di dalam kaca, tapi ternyata Master Ox tahu Selena bersembunyi di dalam kaca, bukannya menghukumnya. Master Ox malah memberikan petuah pada murid yang selalu membuatnya kesal. “Gill juga telah memberitahuku, kamu penuh lapisan misteri dan bisa sangat berbahaya. Tapi aku selalu percaya, ada sesuatu yang baik dari seseorang. Bahkan penjahat pun memiliki sesuatu. Dunia pararel selalu bekerja secara alamiah menjaga keseimbangan.” ‘Aku selalu meyakini, semakin gelap sesuatu—karena kegelapan menyelimutinya—maka sejatinya hanya soal waktu cahaya terang menyinarinya. Cukup selarik cahaya kecil, kegelapan itu mulai pudar. Dan sebaliknya, semakin terang sesuatu, juga akan juga akan semakin gelap bayangan yang terbentuk. Aku tidak tahu apa yang terjadi besok lusa, termasuk apa yang terjadi padamu, Selena. Tapi aku percaya akan ada kebaikan yang kamu lakukan. Bahkan saat naluri pengintai hebat Gill meragukanmu, aku tetap percaya,” (halaman 230). “Kamu tidak perlu berterima kasih, Selena. Tapi jika kamu mau melakukannya, tinggalkan Tamus, jangan pernah memercayainya. Dia selalu memiliki lapisan rencana hanya untuk kepentingan dan ambisinya sendiri. Setelah kalian melaksanakan proyek akhir, setelah kamu lulus dari Akademi dan melanjutkan kehidupan di luar sana, jangan pernah berhubungan lagi dengan Tamus, paham?” (halaman 231).
  • Jika penduduk klan lain penduduknya berlipat ganda. Di Klan Nebula sebaliknya. Klan Nebula menjaga keseimbangan. Jumlah penduduknya tetap. Setiap ada yang meninggal, beberapa tahun kemudian ada bayi yang lahir.
  • Ada yang unik, bahasa yang digunakan di Klan Nebula, yaitu “He-oh! He-oh! He-oh!”
  • Ngomong-ngomong, saya juga penasaran dengan Klan Aldebaran, lho. Dan hal ini dijelaskan dengan baik oleh Kosong, saat tiga sekawan di Klan Nebula, silahkan cek di halaman 279.

Kalau ditarik benang merahnya, persamaan buku Selena dan buku Nebula, ada banyak pesan yang disampaikan Bibi Gill terhadap Selena. Dosen yang baik dan super perhatian. Nasehat yang disampaikan Bibi Gill banyak mempengaruhi kehidupan Selena. Sekali pun Selena pernah memiliki sisi gelap dalam kehidupannya, namun seperti yang pernah disampaikan oleh dosen yang dihormati Selena ini, dia juga memiliki sisi terang yang menyari hidupnya. Tidak terpuruk dalam kesalahan dan kegelapan, namun dia berusaha memperbaiki kesalahannya dengan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Selena masa kuliah, jauh berbeda dengan Selena di usianya saat ini yang menjadi guru Matematika sekaligus pengintai. Dia berhasil keluar dari sisi gelap, di mana pada dasarnya dunia pengintai, memang dekat sekali dengan kegelapan.

Pesan-pesan yang disampaikan Bibi Gill dalam buku Selena dan Nebula

Nah, setelah sekian purnama para pembaca serial bumi menantikan jawaban sama seperti Raib, tentang siapa orang tua Raib. Maka jawabannya ada di buku Nebula. Tapi tidak seru, kalau kamu cuma baca buku Nebula saja, maka sebaiknya kamu juga mesti membaca prekuel Nebula, yaitu buku Selena. Lengkap sudah semua teka-teki itu akan terjawab.  Jawabannya dekat sekali kawan, ternyata Guru Matematika Raib yang tahu semuanya. Dia sengaja menyimpan semua cerita itu, merahasiakan semuanya, sesuai wasiat ibunya Raib.

“Mata dan Tazk jatuh cinta pada pandangan pertama. Itu faktanya. Itu sungguh cinta pertama sekaligus cinta terakhir bagi mereka. Tazk menyukai Mata bukan karena Mata keturunan Distrik Sungai Sungai Jauh, bukan karena keturunan murni, atau karena Mata sangat sempurna. Tazk menyukainya, karena mereka berdua memang berjodoh, saling melengkapi.” (halaman 360)

Aduhai, kamu mesti baca sendiri bukunya, seru banget.  Tapi sayangnya, kawan, kisah ini belum usai.  Masih ada buku selanjutnya. Sebab masih ada karakter yang belum tuntas, Lumpu. Dan dia mempunyai teknik mematikan, sesuai dengan namanya: Teknik LUMPUH, melumpuhkan ! teknik itu mengambil semua kekuatan bertarung!!! Mengerikan sekali! Bagaimana nasib Miss Selena? Apakah Raib mau menyelamatkan Miss Selena? Ali dan Seli, tentu saja mereka akan ikut ke mana pun Raib pergi. Masalahnya, setelah tahu jawaban tentang kedua orangtuanya: “Apakah Raib bisa memaafkan Miss Selena?” Aiiih, makin seru saja Serial Bumi, sudah seperti cerita yang tak berkesudahan yang entah sampai kapan akan usai 

Yang berbeda dari buku-buku sebelumnya:

Keunikan karakter Lumpu, dalam buku Nebula yang sebenarnya masuk akal juga kenapa dia mengejar para pemilik kekuatan. Setelah baca kedua buku ini, menurut saya, karakter paling kuat dan paling mematikan dan belum pernah ada dalam buku Serial Bumi sebelumnya, tidak lain adalah LUMPU. Kenapa dia begitu kuat, serta berbeda dengan Si Tanpa Mahkota dan Tamus? Kamu akan tahu jawabannya saat baca buku Nebula, ketika diantara Selena, Tazk, dan Mata, salah satunya ada yang dilumpuhkan kekuatannya sehingga tak lagi tersisa kemampuan apa pun dalam dirinya setelah bertahun-tahun dilatih. Kenapa nama karakternya sangat unik, yaitu Lumpu? Sebab salah satu kesaktiannya: bisa meLUMPUhkan para pemilik kekuatan di dunia pararel. Ngeri banget kan? Kabar buruknya salah satu dari tiga sekawan ini, kekuatannya sudah dilumpukan oleh Lumpu. Siapakah dia? Selena, Mata, atau Tazk? Dan kira-kira siapa lagi mangsa yang dicari Lumpu? Ayo baca bukunya! 

Kalimat sindiran dalam buku Nebula:

  • Buka halaman 17089, bab baru, “Memahami Sifat Halu pada Orang-Orang yang Suka Pamer.” Ini topik yang sangat menarik, yeah! (halaman 45).
  • “Dia semakin tinggi saja. Baguslah, dia tumbuh ke atas, bukan kesamping.” (halaman 108).
  • “Kamu tahu, Selena. Semakin maju teknologi, memang semakin banyak waktu yang di hemat manusia, tapi kualitas hidup mereka justru menurun. Waktu dan kemudahan hanya digunakan untuk hal-hal sia-sia, memelototi gadget di tangan. Bukan begitu yang terjadi di Klan Bulan? Bukankah kamu sudah mempelajari “Masalah Sosial?” (halaman 299)

Moral of the story dalam buku Nebula:

  • Fokus belajar saja! Kalau masih sekolah atau pun kuliah lebih baik fokus pada pendidikan saja, fokus menyibukkan diri dalam kegiatan sekolah agar bisa berprestasi seperti Selena, Mata, dan Tazk. Memilih fokus belajar ketimbang sibuk pacaran.  Melalui buku ini, penulis tidak terkesan menggurui, namun lewat karakter Tazk dan Mata-lah, saya sebagai pembaca jadi paham, bahwa saat sekolah memang sebaiknya fokus belajar saja.
  • Banyak membaca buku.Kalau mau memiliki pengetahuan luas, kuncinya rajin membaca buku. Bahkan Selena, Mata, Tazk dan seluruh mahasiswa ABTT di Klan Bulan juga rajin membaca. “Pagi-pagi usai sarapan, seluruh mahasiswa angkatanku belajar di perpustakaan ABTT. Ini hari khusus, hari Aku Cinta Perpustakaan. Aku, Mata dan Tazk duduk di salah satu meja baca. Buku-buku bertumpuk di dekat kami. Kami segera tenggelam dengan bacaan masing-masing. (halaman 57).
  • Tidak pacaran saat masih sekolah. Bahkan, di  Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, tempat kuliah terbaik di Klan Bulan saja sampai dibuat peraturan mahasiswa di larang pacaran oleh pihak kampus. Terdapat dalam peraturan no. 101. Nah kalau di Klan Bumi sepertinya tidak ada peraturan itu, ya?
  • Ubah penyesalan dengan melakukan kebaikan juga hal yang positif dan bermanfaat. Rasa sesal Selena ditebus dengan sisi terang, menyatukan Raib, Seli, dan Ali sejak kelas satu SMA, sehingga mereka akhirnya bisa berpetualang antar klan, menjalin persahabatan yang indah. Sisi gelap bisa ditebus dengan sisi terang, berupa kebaikan yang diupayakan Miss Keriting alias Miss Selena.
  • Memaafkan adalah obat paling ampuh. Persahabatan sejati ketika masa kuliah yang terjalin diantara Selena, Mata, dan Tazk. Mereka selalu bisa memaafkan kesalahan sahabat, bersatu bahu-membahu, saling menolong. Sahabat seperti saudara. Naluri dan hati yang baik selalu bisa mengalahkan sisi gelap dalam diri seseorang. Meskipun Selena telah melakukan kesalahan besar, namun Mata dan Tazk tetap memaafkan.
  • Cinta sejati tidak perlu diumbar ke umum. Meski semua orang mungkin tahu, tapi tidak perlu ditunjukkan lewat kedekatan fisik. Seperti Mata dan Tazk yang selalu membutuhkan media penengah, yaitu Selena, yang membuat mereka nyaman berkomunikasi saat kumpul bertiga. Lewat kalimat-kalimat dalam buku yang digambarkan secara tersurat oleh penulis, misalnya Mata dan Tazk sebenarnya saling memperhatikan satu sama lain, juga saling menolong (biasanya saat mereka sedang bertarung, kompak melindungi satu sama lain, termasuk sahabat mereka yaitu Selena). Kalau sudah jodoh, pasti menikah, terus punya anak 

Buku Nebula ini lengkap banget, senengnya dapat, sedihnya dapat, sebel dan keselnya juga dapat, pokoknya penulis pandai sekali membuat saya sebagai pembaca ikut campur-aduk emosinya. Pokoknya romance ala Bang Tere dapat (kalau kamu perhatikan semua buku-buku Tere Liye tidak ada yang membahas pacaran. Karena kedekatan dengan seseorang tidak perlu digambarkan lewat kedekatan fisik berupa pacaran, yang penting kan dibuktikan lewat tindakan, bukan ucapan). Tema lain yang diangkat juga tentang indahnya persahabatan sejati, meskipun ada pengkhiatan, justru konflik inilah yang menarik, untuk membuktikan seberapa tangguh kisah persahabatan mereka. Karena sejatinya, persahabatan sejati selalu diuji, dan untuk mempertahankan bisa saling memaafkan, saat dihadapkan pada sebuah konflik berat yang akan mendewasakan mereka. Kata kuncinya memaafkan. Meskipun rasa bersalah dan penyesalan Selena begitu mendalam, tapi pembaca juga tahu, bahwa jiwa yang berbesar hati dan mau memaafkan seperti Mata dan Tazk-lah yang bisa menyelamatkan persahabatan mereka.  

Dan saya juga salut dengan detail penggambaran yang disampaikan oleh penulisnya baik dari segi karakter maupun juga tempat-tempatnya, seakan saya diajak menyaksikan langsung dan berpetualang di dua klan, yaitu di Klan Bulan dan Klan Nabula.

Quote favorit saya dalam buku NEBULA:

  1. “Kamu menyukainya Selena, tidak perlu profesor cinta untuk tahu bahwa diam-diam kamu menyukai Tazk. Seluruh kampus juga tahu.” Kata Boh pada Selena (halaman 54)
  2. “Kamu tahu Selena, hal yang paling seru di kampus ini bukan dosen-dosennya. Juga bukan pelajarannya. Hal yang paling seru adalah aku sekamar denganmu. Punya sahabat terbaik sambil menikmati bulan purnama. Itu menakjubkan.” Kata Mata pada Selena (halaman 56)
  3. Ini benar-benar nyata. Aku memiliki sahabat yang sangat istimewa. (halaman 73)
  4. Aku tidak terlalu memikirkannya. Itu hanya pendapat, dugaan, kebetulan, ekspektasi, atau apalah. Aku tidak tahu. Aku lebih baik memikirkan menjadi diri sendiri saja, menikmati hari-hariku dengan bersahaja. Tidak pusing apalagi terbebani dengan komentar-komentar orang lain. (halaman 74)
  5. Satu setengah tahun melewati simulasi Teknik Bertarung, aku tidak tahu masih berapa lama lagi robot-robot yang harus kami hadapi. Tapi aku tahu satu hal sekarang: percuma juga mengeluh, protes, karena ruangan ini tidak punya kuping. Jadi lebih baik aku semangat. (halaman 76) – Selena
  6. “Menyamar bukan hanya tampilah fisik, Selena. Lebih dari itu, kamu harus memahami profesi yang sedang kamu jalani. Bagaimana cara bicara, bagaimana cara berjalan, bagaimana cara merespon, hingga tak ada satu pun yang menyadari bahwa orang di depannya sedang menyamar. Cukup satu kesalahan kecil, semua penyamaranmu berantakan.” (halaman 90) – Bibi Gill
  7. Menyamar adalah pertunjukan hebat seorang pengintai, Selena. Saat dia berjalan melewati pasar-pasar ramai, gedung-gedung kamera penuh pengawas, stadion penuh penonton, kapsul kereta penuh penumpang; dan tidak ada satu pun yang mengenalinya. Dia akan diam menatap sekitar, menikmati detik demi detik waktu berlalu, menatapnya dengan sudut pandang berbeda: apakah penyamarannya adalah topeng kehidupan? Atau orang-orang disekitarnyalah yang menjalani kepalsuan hidup? (halaman 91). – Bibi Gill
  8. “Seberapa penting karya sastra ini? Amat penting. Tulisan-tulisan ini adalah petunjuk berharga tentang sejarah, dinamika sosial, realitas ekonomi, intrik politik, bahkan kemajuan pengetahuan dan teknologi, membaca karya-karya ini bisa memberikan infomasi sekaligus inspirasi atas masa lalu, hari ini, dan masa depan. Bahkan saat kalian tidak tertarik pada dunia akademik, hanya ingin menjadi petarung hebat Klan Bulan, karya-karya sastra ini bisa menjadi sumber keunggulan. Kita bisa memahami teknik-teknik langka, menemukan kekuatan rahasia, dan sebainya. Karya-karya sastra ini tidak akan pernah hanya sebagai kumpulan kata dan kalimat, atau hiburan mengisi waktu kosong. Karya-karya ini adalah harta karun.”—Profesor Ling (halaman 150)
  9. Saat kita mati, yang dibawa hanyalah jiwa. Fisik ditinggalkan. (halaman 151)
  10. “Kamu tidak buruk di semua pelajaran sebelumnya. Kamu bisa melewatinya dengan cukup. Tapi malam ini, aku akan memberitahumu, kamu baik sekali dalam menemukan hal-hal istimewa di sekitarmu. Itulah pelajaran kita malam ini. Dan kamu berhasil melewatinya dengan mengagumkan. Itu bakat terbesar sekaligus spesialisasimu.” (halaman 166)
  11. …”Tapi dia adalah dia. Kamu adalah kamu. Sejarahnya sudah berakhir, Tazk. Lupakan saja tentang catatan-catatan mengerikan itu, seolah kamu tidak pernah melihatnya. Kita selalu bisa memutuskan apakah ingin mengenang seseorang dari sisi yang baik atau yang buruk. Sama saat aku mengenang kebun jagung keluargaku, mengenang orangtuaku. Aku memilih kenangan yang baik.” (halaman 176) – Selena
  12. Tapi ada satu hal yang berbeda darimu, dan semoga itu membuat jalan hidupmu juga berbeda. Kamu memiliki teman. Teman-teman terbaik. Ah, di dunia ini, teman sejati adalah harta karun terbaik. (halaman 215) – Bibi Gill
  13. Ketika kamu mempunyai tujuan dalam hidupmu, kamu rela bersabar menghabiskan waktu bahkan beratus tahun. (halaman 366)

Happy reading!

Hal yang membuat saya selalu tertarik dan tidak bosan membaca buku-buku karya Tere Liye, salah satunya Tere Liye menyajikan buku dengan banyak genre. Dari puluhan buku yang sudah ditulisanya, berikut ini buku-buku Tere Liye yang sudah saya baca dan review:

NOVEL GENRE ANAK-ANAK & KELUARGA :

GENRE ROMANCE : 

GENRE FANTASY:

GENRE POLITIK & EKONOMI:

GENRE ACTION:

Genre science and fiction bercampur romance, lingkungan hidup:

Genre Biografi tapi tidak pure lebih banyak unsur refleksi: 

KUMPULAN PUISI:

KUMPULAN QUOTE:

GENRE SEJARAH:

GENRE BIOGRAFI

Buku Cerita Anak Bergambar versi Bahasa Indonesia yang sudah terbit bukunya:

BUKU TERE LIYE Yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris

Buku-Buku Serial Karya Tere Liye:

Ebook yang sudah baca di Google Play Book

Baca juga:

Baca juga:

Happy reading!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s