Kami mencari WARNA, kami membuat HARMONI yang pas, agar keluarga ini tetap bertahan utuh dan semakin kuat. (halaman 141)

Judul                     : Kimbab Family (Bukan) Kisah Drama Korea
Penulis                  : Kimbab Family
Tahun Terbit         : Cetakan I, Februari  2021
Jumlah Halaman   : 172 hlm, 19 cm
Penerbit                 : Penerbit mizan
ISBN                      :  978-602-441-211-1

Sinopsis:

Romantisme Jay-Gina dan kekompakan keluarga Kimbab Family bak kisah drama Korea. Kehadiran tiga buah hati: Suji, Yunji, dan Jio membuat kisah keluarga mereka makin ceria dan menggemaskan para pemirsa. Tapi, benarkah kisah mereka semulus drama Korea?

Ada kisah yang tak mereka sampaikan di YouTube Kimbab Family: tentang bagaimana Jay dan Gina berjuang menjembatani perbedaan budaya Korea dan Indonesia, keterbatasan bahasa, penyesuaian dua budaya, juga pengenalan dua bahasa kepada anak-anak mereka yang tentu tidak mudah. Namun, mereka tetap dapat mendisiplinkan anak tanpa bentakan, mengajarkan ketegasan dengan kelembutan, meneladankan kesantunan, serta menggabungkan harmoni dua negara.

Melalui kisah Jay dan Gina, kita belajar bahwa keluarga yang bahagia dan ceria, membuat hidup penuh makna dan warna.

Perjuangan Kak Gina dan Kak Jay hingga mencapai pernikahan dan mendidik tiga anak ini tak hanya menarik, tetapi juga banyak bagian yang menyentuh hati kita.โ€”Jang Hansol, YouTuber

Buku Kimbab Family membuka mataku tentang family relationship dan membangun rumah multikultural. Karena aku dan pasanganku juga from different culture, jadi bisa benar-benar relate dengan buku ini.โ€”Sunny Dahye, YouTuber.

Saya pertama kali tahun tentang Kimbab Family, dari Instagram penerbit buku yang mengabarkan akan menerbitkan buku Kimbab Family. Penasaran dong, karena sebelumnya saya sama sekali tidak tahu tentang Kimbab Family. Ternyata nama ini sudah dikenal masyarakat karena vlognya Kimbab Family

Bisa ditonton di YouTube dengan channel yang sama yaitu Kimbab Family. Untuk kamu yang sudah sering nonton video Kimbab Family,  mungkin sudah tahu kenapa disebut Kimbab Family. Namun, jika kamu belum tahu, kamu bisa tahu setelah membaca buku ini alasan dibalik nama Kimbab Family.

Meskipun saya belum nonton semua video-nya, baru beberapa saja, tetapi channel ini bikin betah nontonnya, karena Kimbab Family yang terdiri dari Mama Gina, Appa Jay, Suji, Yunji, dan     Jio ini sungguh keluarga yang penuh kehangatan. Pas nonton itu jadi ikutan senang, dan rasanya saya ingin menyempatkan kembali berkunjung ke channel ini.

Untuk kamu yang ingin membaca bukunya dan sudah terbiasa menonton channel Kimbab Family, tenang saja karena apa yang disajikan di buku ini berbeda.

Yang menarik dari buku ini:

  • Buku Kimbab Family (Bukan) Kisah Drama Korea isinya tentang cerita-cerita yang belum pernah diceritakan di channel YouTube Kimbab Family ada foto-foto yang sebelumnya belum pernah diperlihatkan.
  • Dalam buku ini diceritakan tentang awal pertemuan Mama Gina dan Appa Jay, cerita pernikahan mereka, kelahiran anak-anak, ada diary Appa Jay, ada tips parenting yang mereka jalani dan  bagaimana mereka membesarkan ketiga anaknya .
  • Dilengkapi dengan berbagai tips menarik  ala Mama Gina, seperti: tips bersahabat dengan mertua,tips enjoy di perantauan ala Mama Gina, tips happy lebaran di perantauan, dan sebagainya.
  • Saking asiknya, baca buku ini bisa habis dalam beberapa jam saja, kurang tebal hehe. Yang pasti saya senang banget baca buku Kimbab Family ini, dan rasanya tetap asyik untuk dibaca ulang.
  • Banyak ilmu yang bisa di dapat seperti relationship beda negara, parenting, family, mengelola emosi ketika menghadapi ketiga anaknya.
  • Buku parenting ini disajikan dengan sangat menarik, full color, warna-warna ceria bikin betah bacanya, serta foto-foto yang tak kalah menarik dari ceritanya. Kisah inspiratif Mama Gina dan Appa Jay, membuat pembaca jadi tahu lika-liku pernikahan multikultural, dan juga disuguhkan pada realita bahwa mereka juga hanya manusia biasa yang terus berlajar, bertumbuh dan berproses. Apa yang dinikmati penonton pada channel YouTube Kimbab Family mungkin banyak sharing yang senang-senangnya saja. Di luar semua itu, sebagai pasangan suami istri mereka menjalani berbagai tantangan hidup yang luar biasa. Salut pokoknya. Selengkapnya kamu bisa baca kisahnya di buku.
  • Yang tak kalah menarik, buku ini ditulis dari sudut pandang Mama Gina dan sudut pandang Appa Jay, penggagas ide atau orang yang berada dibalik nama Kimbab Family. Sukses terus untuk Mama Gina, terima kasih sudah berbagi kisahnya. Semoga selalu sehat bersama keluarga tecinta di tanah perantauan.
  • Jika kamu penasaran tentang alasan di balik nama Kimbab Family, maka kamu akan menemukannya di buku ini ๐Ÿ™‚
  • Satu lagi yang unik dank has dari Kimbab Family ini adalah sapaan โ€œkeluarga online.โ€ Sapaan yang terasa hangat dan menyenangkan.  Sukses selalu untuk Kimbab Family

Saya juga salut sama Mama Gina yang pandai memasak, dan menikmati proses memasak. Dengan bijak mengatakan bahwa โ€˜saya tidak mengatakan kalau saya jago masak, dan tidak mengatakan setiap ibu harus memasak. Itu pilihan dan ini pilihan saya.โ€™ Nice words J  Simak pengalaman Mama Gina yang sejak kecil dekat dengan dunia memasak karena Mama dan Neneknya juga senang memasak. โ€œSaya ingin anak-anak mengalami apa yang saya rasakan. Banyak restoran dan makanan enak di luar sana, tapi tidak ada yang seperti masakan ibu. Bukan yang paling enak, tapi juga lebih terjamin kebersihannya, lebih sehat, lebih murah, selalu dibuat dengan cinta, dan yang paling penting adalah cerita di dalamnya. Masakan Ibu akan selalu membawa kenangan masa kecil dan rasa yang akan membuat selalu kangen rumah. (halaman 115)

Beberapa kutipan favorit saya dalam buku Kimbab Family:

  • Ini memang budaya keluarga saya, dan semoga anak-anak juga paham bahwa pamit dan minta doa pada orang tua adalah hal yang harus disempatkan dalam segala aktivitas. Semoga anak-anak juga ingat dan berkesan  dengan keluarga-keluarganya di Indonesia. (halaman 90)
  • Karena BERLAKU BAIK pada orang tua, apa pun budaya dan negaranya, adalah hal WAJIB yang tidak butuh negosiasi (halaman 103)
  • Bagaimanapun, KEBERSIHAN RUMAH akan sangat berpengaruh pada psikis anggota rumah. Rumah yang berantakan akan membuat pikiran terasa tambah capek, stress, jenuh, dan jadi gampang marah. Sementara rumah yang RAPI, akan membuat istirahat nyaman, pikiran tenang, badan pun sehat. Dan saya mendambakan hal tersebut pada keluarga saya. (halaman 109)
  • Kalau ada perilaku anak-anak yang tidak sesuai dengan rules, kami kasih konsekuensinya. Kami selalu mencoba dengan bicara dan negosiasi, karena kami pikir mereka akan lebih mendengar dengan cara seperti itu daripada kami teriak marah-marah. (halaman 131)
  • โ€ฆ kita sadar bahwa belajar adalah tanggung jawab masing-masing, bukan paksaan. (halaman 136)
  • Setiap kita pasti punya masa kecil yang selalu melekat di kepala, bahkan ketika kita sudah menjadi orang tua. Saya ingin anak-anak memiliki kenangan tersebut dengan saya sebagai ayahnya. (halaman 146)
  • Saya mencoba untuk berada bersama anak-anak sebanyak yang saya bisa. (halaman 147)
  • Sopan santun atau etika, bagi saya sangat penting dan harus ditanamkan sejak dini pada anak-anak. Mungkin bisa dikatakan itu adalah pendidikan nomor satu sebelum mereka mengenal pelajaran akademik lainnya. Bertata krama, berempati, bertanggung jawab, disiplin, adalah hal-hal dasar yang harus ditanamkan, dan itu bisa dimulai dari rumah, tidak perlu menunggu bangku sekolah. (halaman 154)

Happy reading!

Note: buku ini saya beli di Mizanstore Tokopedia, ikutan Pre Order.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s