[Review Buku] ISTANBUL The City of Two Continents karya Ilhan Aksit

Book details:

TittleISTANBUL The City of Two Continents
PublisherAksit Kultur Turizm Sanat Ajansi LTD. STI
Published1st Edition 1993
TextIlhan Aksit
TranslationRobert Bragner
CategoryTraveling

Membaca buku ini rasanya saya seperti menemukan tempat yang hidden gem. Awalnya saya memang sedang mencari referensi buku tentang Istanbul. Meskipun pernah baca sastra berjudul Istanbul karya Orhan Pamuk, tapi saya masih ingin tahu banyak tentang Istanbul, dan ketemulah buku ini. Dari judulnya saja sudah membuat saya penasaran, dan tanpa pikir panjang saya ingin langsung membelinya. Beruntung memutuskan untuk membeli, karena awalnya memang saya tanpa ekspektasi apa-apa, hanya tertarik lihat judul. Dan ketika membacanya, saya sungguh makin beruntung karena bukunya ternyata membahas sejarah tentang Istanbul, ada beberapa tempat yang baru saya tahu dan dibahas dibuku ini.
Isinya membahas tentang: the history of Istanbul, Leander’s Tower, Underground Cistern, Byzantine work in Istanbul, Ottoman Period, Sultanahmet Square, The Obelisque, Serpentine Column, The Walled Obelisque, Serptentine Column, The Church of St. Irene, The Church of St. Sophia, Kariye Museum, The Istanbul Archeological Museum, Topkapi Palace, Museum of Turkish and Islamic Arts, Dolmabahce Palace, Beylerbeyi Palace, A Cruise in Bosphorus Among Historical Buildings, Rumeli Hisar, The Mosque of Istanbul, The Mosque of Tomb of Suleymaniye, The Mosque of Sultanahmet, The Covered Bazaar, Map of Istanbul.

Baca juga: review buku Best of Turki

Hal-hal menarik dari buku ini:
·        Saya suka judulnya. Apalagi faktanya memang Istanbul merupakan kota yang berada di dua benua: Asia dan Eropa.
·        Sampulnya memang berdesain minimalis, tapi saya suka.
·        Konsep bukunya seperti majalah, dan foto-fotonya cakep-cakep banget. Ah keren pokoknya, seneng banget bisa baca dan koleksi buku ini.
·        Kalau kamu suka traveling dan sejarah, buku ini bisa jadi referensi bacaanmu.
·        Ada banyak tempat yang baru saya ketahui dan dibahas detail di buku ini.
·        Pokoknya bahagia banget bisa baca buku ini, nggak nyangka isinya sebagus ini.

Sepertinya buku ini termasuk langka, saya cek di Google Play Books juga belum ada. Saya memperoleh buku ini melalui toko buku online. Walaupun buku secondhand dari harga Rp 300.000 menjadi Rp 100.000 (wow beruntung dapat harga segini dengan kualitas dan isi bukunya yang sangat memuaskan), saya seneng banget bukunya original, masih bersih dan tidak dilipat. Hanya saja sampulnya sedikit kusam, karena memang buku ini terbit tahun 1993. Saya baca edisi pertamanya, semoga buku ini bisa cetak ulang karena memang isinya bagus sekali.

Happy reading! 🙂

Berikut beberapa gambar keren dari buku ini:

Silakan baca juga referensi buku-buku yang sudah saya review:

  1. Review Buku Kimbab Family (Bukan) Kisah Drama Korea
  2. Review Buku Death in Babylon Love in Istanbul
  3. Review Buku Hygge Seni Hidup Bahagia Ala Orang Denmark, Penulis Denmark
  4. Review Buku Lagom Rahasia Hidup Bahagia Orang Swedia: Lola A. Akerstrom
  5. Review Buku La Tahzan—Jangan Bersedih
  6. Review Buku Di Bawah Langit Putih
  7. Review Buku How to Avoid Climate Disaster
  8. Review Buku A Mathematician’s Apology
  9. Review Buku The Little Book of Life Hacks
  10. Review Buku The Will To Meaning
  11. Review Buku Finding Sisu
  12. Review Buku Walden
  13. Review Buku Educated – Terdidik
  14. Review Buku The Danish Way of Parenting
  15. Review Buku Play The Danish
  16. Review Buku Niksen Rahasia Hidup Bahagia Tanpa Melakukan Apa-Apa
  17. Review Buku Amalan Ringan Paling Menakjubkan
  18. Review Buku Mental Theurapeutics
  19. Review Buku Seni Hidup Minimalis
  20. Review Buku Tak Masalah Jadi Orang Introver
  21. Review Buku Hello, Habits
  22. Review Buku Seni Hidup Bersahaja
  23. Review Buku Keajaiban Otak Kanan
  24. Review Buku Mukjizat Enzim
  25. Review Buku Terapi Enzim
  26. Review Buku Merakit Kapal
  27. Review buku Kitchen
  28. Review Buku Freeter Membeli Rumah
  29. Review Buku Mirai
  30. Review Buku Bochan
  31. Review Buku Twenty Four Eyes
  32. Review Buku Funiculi Funicula
  33. Review Buku Funiculi Funicula: Kisah-Kisah yang Baru Terungkap
  34. Review Buku Pasta Kacang Merah
  35. Review Buku The Time When We Walk Together : Lee Kyu Young
  36. Review Buku The Little Book of Skincare
  37. Review Buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang
  38. Review Buku Hidup Apa Adanya
  39. Review Buku Nyaman Tanpa Berpikir Lebih
  40. Review Buku Aku Bukannya Menyerah Aku Sedang Lelah
  41. Review Buku Kupikir Segalanya Akan Beres Saat Aku Dewasa
  42. Review Buku Sebenarnya Aku Sedang Tidak Baik-Baik Saja
  43. Review Buku Ketika Aku Tak Tahu Apa Yang Aku Inginkan
  44. Review Buku Aku Ingin Pulang meski Sudah di Rumah
  45. Review Buku Menyakitkan, tapi tak seburuk yang kupikirkan
  46. Review Buku Minimarket Yang Merepotkan
  47. Review Buku Nunchi Seni Membaca Pikiran dan Perasaan Orang Lain Rahasia Hidup Bahagia dan Sukses dari Korea
  48. Review Buku Tenang, Semua Akan Baik-Baik Saja
  49. Review Buku Kepribadian Berdasarkan MBTI
  50. Review Buku Love for Imperfect Things: Mencintai Ketidaksempurnaan
  51. Review Buku Every Day Is Sunny Day When I’m With You eview Buku Happiness is homemade
  52. Review Buku Discovering Uzbekistan
  53. Review Buku Amazing Japan
  54. Review Buku Insecure is My middle name
  55. Review Buku Loneliness is My Best Friend
  56. Review Buku Unbelievable Japan 1
  57. Review Buku Unbelievable Japan 2
  58. Review Buku Unbelievable Japan 3
  59. Review Buku Masih Belajar
  60. Review Buku Dari Toko Buku ke Toko Buku : Muthia Esfand
  61. Review Buku Janji (unedited version)
  62. Review Buku When everything took a turn for the worse
  63. Review Buku The Conference of The Bottle Tops
  64. Review Buku Si Putih
  65. Review Buku Lumpu
  66. Review Buku Sun
  67. Review Buku Malam yang Menegangkan
  68. Review Buku Apel Emas
  69. Review Buku Janji
  70. Review buku The Lazy Koala
  71. Review Buku Bibi Gill [unedited version]
  72. Review Buku Bedebah di Ujung Tanduk
  73. Review Buku Si Anak Savana
  74. Review Buku Bibi Gill
  75. Review Buku Sagaras
  76. Review Buku Sesuk
  77. Review Buku Rasa
  78. Review Buku Matahari Minor
  79. Review Buku Tanah Para Bandit
  80. Review Buku Hello
  81. Review Buyku Yang Telah Lama Pergi
  82. Review Buku Aidoru no Sekai ni Yoroshiku.
  83. Review Buku Bokutachi no Unme
  84. Review Buku I feel better when I’m with you
  85. Review Buku Fly Him To The Moon
  86. Review Buku Resign
  87. Review Buku Home Sweet Loan
  88. Review Buku Skenario Terindah
  89. Review Buku Cerita-Cerita Makanan

Leave a comment